Contoh Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas X Semester II

 Andikabm.com – Contoh Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas X Semester II – Pembelajaran semester ganjil atau pertamateah usai saat ini sudah memulai pembelajaran pada semester genap pada tahun ajaran 2021-2022. Penilaian akhir semester memang bukan salah satu penentu dalam kenaikan kelas. Namun jika mendapatkan nilai tinggi pada akhir semester menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.
Contoh Soal dan Kunci Jawaban Al-Qur’an Hadis Kelas X
Untuk itu admin akan berbagi Contoh Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas X Semester II. Contoh soal yang akan admin bagikan hanyalah sekedar contoh bukan soal aslinya. 
Dapat digunakan sebagai sarana dalam belajar sehari-hari dalam menghadapi penilaian akhir semester genap pada tahun ini. Jika terkait materi tentunya tidak ada perubahan dalam pembahasannya, tentunya masih saja sama.
Contoh Soal Al-Qur’an Hadis kelas X yang akan admin bagikan sesuai dengan Kurikulum 2013 yang dikeluarkan pada tahun 2016. Adapun bentuk soal yang admin bagikan ini berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal ada 40 soal. 
Adapun untuk kunci jawaban dapat di dwonload dengan mudah dan gratis pada link yang sudah admin sediakan di akhir artikel yang admin bagikan ini.


1. Dari segi bahasa سَنَدٌ Dapat diartikan …..
A. اَلْمُعْتَمَد 
B. اَلدِّرَايَةُ
C. اَلْمَتْنُ
D. اَلرِّوَيَاةُ
E. اَلرَّأْىُ
2.  اَلطَّرِيْقُ اَلْمَوْصُلُ اِلى الْمَتْنُ
Terjemahan ungkapan di atas yang paling tepat adalah ….
A. Cara hadis sampai dibukukan 
B. Jalan mencari hadis 
C. Jalan mencari isi hadis 
D. Jalan yang menyampaikan kepada matan hadis 
E. Isi pokok hadis
3. عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ اَبِى سَلَمَةٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ  لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِيْ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ. (رواه الترمذي) Yang disebut dengan matan adalah ……
A. عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ اَبِى سَلَمَةٍ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ 
B. لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِيْ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ
C. رواه الترمذي
D. عَنْ مُحَمَّدٍ
E. قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ

4. orang yang memindahkan hadis dari seorang guru kepada orang lain atau membukukannya ke dalam suatu kitab hadis disebut ….
A. Matan 
B. Hadis
C. Sanad 
D. Sunnah
E. Rawi 
5. Pengertian dabit adalah …. 
A. Setiap hari mengingat hadis yang dihafalkan
B. Mempunyai daya ingat yang kuat
C. Mempunyai perhatian terhadap hafalan hadis
D. Mempunyai daya konsentrasi yang tinggi
E. Tidak mudah percaya pada orang lain
6. Ulama’ yang pertama menyusun kitab perawi hadis secara singkat, adalah ….
A. Imam Muslim 
B. Imam Tirmidzi
C. Imam Bukhari 
D. Imam Ahmad 
E. Imam Maliki
7. Orang yang menerangkan sanad suatu hadis disebut ….
A. Isnad 
B. Musnid
C. Musnad 
D. Masnud
E. Atsary
8. Mata rantai para rawi saling menyandarkan berita kepada gurunya dan menghubungkannya sampai ke matan hadis disebut ….
A. Sanad 
B. Perawi
C. Muhaddis 
D. Matan
E. Mukharrij
9. Sanad memiliki banyak fungsi, di antaranya adalah ….
A. Memberikan kesempatan perawian hadis
B. Memberikan kemudahan para rawian hadis dalam meriwayatkannya
C. Mempertanggungjawabkan kebenaran atau kesahihan hadis
D. Mempersulit rawian hadis
E. Memperketat para rawi hadis
10. Ilmu yang membahas para perawi hadis disebut ….
A. Ilmu Hadis
B. Ilmu Matan Hadis
C. Ilmu Rawi Hadis
D. Ilmu Atsar Hadis
E. Ilmu Rijalul Hadis
11. Pada umumnya para ulama mengklasifikasikan bentuk sunnah menjadi tiga, yaitu ….
A. qauliyah, fi’liyah dan taqririyah 
B. muakkad, qauliyah dan gairu qauliyah
C. fi’liyah, hammiyah dan taqririyah 
D. taqririyah, qauliyah dan gairu qauliyah
E. qauliyah, fi’liyah dan sam’iyah
12. Yang dimaksud dengan sunnah qauliyah adalah ….
A. komentar dan tanggapan yang diberikan Nabi Muhammad Saw. 
B. pengawasan syariat Islam yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. 
C. petunjuk Nabi Muhammad Saw, yang berkaitan dengan syariat Islam
D. ucapan Nabi Muhammad Saw, yang berhubungan dengan syariat Islam
E. isyarat yang diberikan kepada Nabi Saw, berkaitan dengan syariat Islam
13. Nabi Muhammad Saw, mencontohkan tata cara shalat, haji dan puasa. Hal itu dikategorikan sebagai sunnah ….
A. qauliyah 
B. fi’liyah 
C. sifatiyah 
D. khuluqiyah
E. taqririyah
14. Penggunaan kata-kata  كَانَ / يَكُوْنُ   atau  رَاَيْتُ / رَاَيْنَ dalam hadis Nabi merupakan karakteristik sunnah ….
A. qauliyah 
B. fi’liyah 
C. sifatiyah 
D. hammiyah
E. taqririyah
15. Dari bermacam-macam sunnah tersebut, yang menempati urutan pertama, yang kualitasnya paling tinggi adalah sunnah ….
A. hammiyah
B. sifatiyah 
C. taqririyah 
D. fi’liyah
E. qauliyah
 
16. Suatu perbuatan yang dikehendaki Nabi saw tetapi belum sempat dikerjakan disebut sunnah ….
A. qauliyah
B. fi’liyah
C. hammiyah
D. taqririyah
E. sifatiyah 
17. Terjemahan dari hadis berikut adalah ….  .       صَلُّوا كَمَا رَاَيْتُمُوْنِى أُصَلِّى رواه البخرى
A. berdo’alah kalian sebagaimana melihat aku berdo’a
B. ambillah manasik dariku
C. shalatlah kalian seperti kalian melihat aku shalat
D. shalatlah kalian karena shalat tiang agama
E. shalatlah kalian sebelum kalian dishalati
18. Rawi hadis pada soal  (no. 7) di atas adalah ….
A. Bukhari
B. Muslim
C. Bukhari dan Muslim
D. Tirmizi
E. Nasa’i
19. Perintah untuk melaksanakan puasa sunnah pada tanggal 9 Muharram merupakan isyarat dari sunnah ….
A. qauliyah
B. fi’liyah
C. taqririyah
D. hammiyah 
E. sifatiyah 
20. Sahabat Nabi Muhammad Saw, yang mewakili sahabat menanyakan memakan daging biawak (dab) adalah …
A. Khalid ibn Mughirah
B. Abdullah ibn mas’ud
C. Abdullah ibn Umar
D. Abdullah ibn Abbas
E. Khalid ibn Walid 
21. Ulama’ hadis sulit sekali membedakan antara hadis Shahih dan Hasan dan di kalangan ahli hadis pada umumnya hanya membedakan pada sisi …. 
A. Ke dabitan para rawinya 
B. Keadilan rawinya
C. Ketegasan rawinya
D. Status sosial rawinya
E. Istiqomah rawinya
22. Hadis dari satu segi dapat ditinjau dari dua sisi yaitu sisi kuantitasnya dan kualitasnya. Adapun yang dimaksud dengan tinjauan pada sisi kuantitasnya adalah …..
A. Melihat dari sisi kandungan hadis
B. Mengkaji dari sisi sejarahnya
C. Mengkaji suatu hadis dari sisi banyaknya rawi
D. Melihat dari sisi apakah hadis tersebut dapat diterima atau ditolak
E. Melihat pada sisi sanat dan matan hadis
23. Hadis dari satu segi dapat ditinjau dari dua sisi yaitu sisi kuantitasnya dan kualitasnya. Adapun yang dimaksud dengan tinjauan pada sisi kualitasnya adalah …..
A. Mengkaji suatu hadis dari sisi banyaknya rawi
B. Melihat dari sisi kandungan hadis
C. Mengkaji dari sisi sejarahnya
D. Melihat dari sisi apakah hadis tersebut dapat diterima atau ditolak
E. Melihat pada sisi sanat dan matan hadis
24. Di bawah ini adalah salah satu pokok pikiran yang terdapat pada definisi Hadis mutawatir …..
A. Rawinya dari para sahabat yang terpilih dan terjaga hafalannya
B. Jumlah rawinya banyak dan mereka mustahil sepakat untuk berdusta
C. Rawi dari generasi tabi’in bertemu dengan sahabat minimal sudah baligh
D. Rawi yang meriwayatkan hadis semua harus laki-laki
E. Jumlah Tingkatan pada sahabat minimal dua orang
25. Imam Syafi’i berpendapat bahwa sebuah hadis dapat dikatagorikan sebagai hadis mutawatir apabila jumlah rawi pada tiap tingkatan minimal…..
A. 4 orang
B. 5 orang
C. 20 orang
D. 40 orang
E. 100 orang
26. Jumhur Ulama bersepakat bahwa hukum menggunakan dan mempercayai hadis mutawatir adalah…..
A. mubah 
B. jaiz
C. wajib 
D. sunnah
E. mustahabbah
27. Yang disebut Hadis mutawatir adalah apabila suatu hadis diriwayatkan oleh …..
A. Banyak rawi
B. Satu rawi
C. Dua rawi
D. Minimal dua rawi
E. Imam Bukhari, Imam Muslim dan abu Daud
28. Salah satu jenis hadis ahad adalah hadis masyhur. adapun hadis masyhur adalah yang diriwayatkan oleh rawi …
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
E. Lima
29. Hadis yang menjadi shahih karena ada riwayat lain atau keterangan lain yang menguatkan disebut hadis …. 
A. Shahih lizatihi
B. Hasan
C. Hasan li ghairihi
D. Shahih
E. Shahih li ghairihi
30. Apabila anda menjumpai sebuah hadis dan setelah anda teliti ternyata hanya diriwayatakan oleh hanya satu orang rawi saja maka hadis tersebut dikatagorikan sebagai hadis …..
A. Masyhur
B. Aziz
C. Shahih
D. Dha’if
E. Garib
31 . Kata  نُسُكِى (pada QS. al-An’am [6] ayat 162 artinya ….
A. Shalatku
B. Hidupku
C. Matiku
D. Ibadahku
E. Amalanku
32. Kata shalat disebut lagi setelah kata nusuk (ibadah), padahal shalat juga termasuk ibadah hal demikian menurut ahli tafsir bermakna ….
A. Shalat sebagai kewajiban
B. Pentingnya shalat dalam kehidupan manusia
C. Shalat adalah tujuan hidup
D. Shalat merupakan ibadah wajib
E. Shalat dilakukan secara rutin
33. Memberi makna ikhlas yang paling tepat adalah ….
A. Melakukan aktivitas tanpa minta imbalan apapun
B. Melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk orang lain
C. Menolong sesama manusia yang paling memerlukan
D. Menyelamatkan manusia dari dari kesesatan
E. Usaha memurnikan dan menyucikan hati supaya benar-benar terarah kepada Allah
34. Arti dari kata (  مُخْلِصِيْنَ  ) yang tepat dari sisi bahasa adalah ….
A. Orang-orang yang ikhlas
B. Orang-orang yang hatinya hanya munajat kepada Allah
C. Orang-orang yang hanya berserah diri kepada Allah
D. Orang yang masih dihinggapi pamrih
E. Orang yang mencoba membersihkan perbuatannya dari pamrih
35. Merupakan salah satu syarat diterimanya suatu ibadah, di antaranya ….
A. Ikhlas
B. Adanya semangat
C. Konsentrasi
D. Terjaga dari pengaruh sikap jelek
E. Memiliki niat yang kuat
36. Dalam Surah al-An’am [6]: 162, Allah memerintahkan kepada manusia agar seluruh amalannya bernilai ibadah, Hal ini bisa dilakukan dengan 
niat ….
A. Harus jelas tujuan ibadah yang dikerjakan
B. Harus sesuai dengan kondisinya dan situasi
C. Hanya untuk mencari ridha Allah
D. Untuk mendapat petunjuk yang lurus dari Allah
E. Untuk mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat
37. Arti kata (  وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ ) pada QS, al-An’am [6]: 163 adalah….
A. Demikianlah kita diperintahkan al-Qur’an
B. Demikianlah perintah Allah menjadi jelas
C. Demikianlah Allah memerintahkan 
D. Demikianlah yang diperintahkan kepadaku
E. Demikianlah ketentuan yang diberikan Allah
38. Kandungan yang terdapat QS. al-Bayyinah [98] Ayat 5, bahwa ibadah seseorang dapat diterima jika disertai….
A. Kesungguhan dan tidak putus asa
B. Pengulangan yang aktif dan tekun
C. Ikhlas
D. Sabar dan tawakkal
E. Khusyuk dan tawaddhu’
39. Arti kata (  دِيْنُ الْقَيِّمَةْ ) pada QS. al-Bayyinah [98] Ayat 5 adalah….
A. Agama yang benar
B. Agama yang baik
C. Agama yang jelas
D. Agama yang murni
E. Agama yang lurus
40. Arti kata yang bergaris bawah pada potongan hadis berikut adalah….وَكَانَتْ عَائِشَةُ إِذَا عَمِلَتِ الْعَمَلَ لَزِمَتْهُ
A. Mengerjakannya
B. Membiarkannya
C. Menyenanginya
D. Membiasakannya
E. Menekuninya

Untuk mendapatkan Kunci Jawaban Al-Qur’an Hadis Kelas X dapat sobat download pada link berikut:
⇒⇒⇒⇒ DOWNLOAD DISINI ⇐⇐⇐⇐
Demikian Contoh Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas X Semester II.  Semoga Contoh soal dan kunci jawaban yang admin bagikan dapat bermanfaat dan dapat digunakan sebagai belajar untuk menghadapi Penialaian Akhir Semester (PAS) II.
Tetap kunjungi Blog Andikabm.com yang selalu memberikan informasi-informasi terupdate seputar pendidikan daninformasi-informasi penting lainnya.
Terimakasih ….. Wassalam ….. Andikabm

Leave a Comment