Latihan Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Latihan Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) – Penilaian Tengah Semester (PTS) ini sengaja admin bagikan agar supaya dapat dijadikan referensi belajar juga sebagai contoh untuk membuat soal PTS.
PTS Sejarah Kebudayaan Islam SKI Kelas XII
Latihan Soal dan Kunci Jawaban PTS Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XII.
  1. Pada tahun berapakah gerakan pembaharuan dunia Islam dimulai ?…..
  2. Sebutkanlah tokoh-tokoh pembaharu dunia Islam ! …..
  3. Lahir di Turki yang lahir pada bulan Januari 1765 M di Kawalla, sebuah kota yang terletak di bagian utara Yunani, dan meninggal di Mesir pada tahun 1849, siapakah nama tokoh tersebut ? ….
  4. Apakah yang melatar belakangi timbulnya gerakan pembaharu dunia Islam ? …
  5. Sebutkan bidang pembaharuan yang dilakukan Muhammad Ali Pasya ?
  6. Ada 3 faktor yang mempengaruhi lahirnya pemikiran Muhammad Abduh, Sebutkan ! ….
  7. Didasari cinta pada ilmu pengetahuan. Abduh memiliki 3 (tiga) agenda pembaharuan, Apa sajakah itu ? Sebutkan ! …..
  8. Diantara tokoh pembaharu dunia Islam, siapakah yang mendapat julukan sebagai Bapak pendiri Pakistan ? ….
  9. Sebutkanlah tiga buah gagasan Iqbal sebagai kontribusinya dalam gerakan pembaharuan Islam modern ! 
  10. Punjab, India pada tanggal 9 November 1877,  adalah tempat lahirnya seorang tokoh pembaharu dunia Islam, siapakah nama tokoh tersebut !
  11. Ada berapakah teori masuknya Islam di Indonesia, jelaskan beserta penelitinya !
  12. Apakah yang dimaskud dengan teori Arab ? Jelaskan ! ….
  13. Sebutkanlah 5 strategi masuknya Islam di Indonesia ! ….
  14. Siapakah Ulama yang menggunakan kesenian wayang kulit untuk menyebarkan agama Islam ? 
  15. Siapakah ilmuan yang mengemukakan Islam masuk Indonesia melalui India atau teori Gujarat, dan apakah bukti-bukti penemuannya ? ……
Kunci Jawaban Latihan soal PTS Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XII.
  1. Sekitar abad ke-18
  2. Muhammad Ali Pasya, Muhammad Abduh, Muhammad Iqbal dan Jamaludin Al-Afgani
  3. Seorang tokoh yang lahir pada bulan Januari 1765 M di Kawalla Turki adalah Muhammad Ali Pasya.
  4. Secara garis besar yang melatar belakangi timbulnya gerakan pembaharuan dunia Islam adalah : adanya sifat jumud, persatuan umat Islam semakin terpecah belah, adanya hasil kontak dengan dunia barat dan untuk mempperkuat prinsip dan ajaran Islam.
  5. Pembaharuan yang dilakukan oleh Muhammad Ali Pasya antara lain : bidang politik, bidang ekonomi, bidang militer, bidang pemerintahan juga bidang pendidikan.
  6. Tiga faktor yang mempengaruhi lahirnya pemikiran Muhammad Abduh adalah : Faktor sosial, faktor kebudayaan, dan faktor politik.
  7. a. Purifikasi

Purifikasi atau pemurnian ajaran Islam merupakan fokus perhatian serius Muhammad Abduh berkaitan dengan munculnya bid`ah dan khurafat yang masuk dalam kehidupan beragama kaum muslim. 

b. Reformasi Pendidikan Islam

Reformasi pendidikan Islam difokuskan Muhammad Abduh pada universitas Al-Azhar  tempat ia menimba ilmu. Muhammad Abduh menyatakan bahwa kewajiban belajar tidak hanya mempelajari buku-buku klasik berbahasa Arab yang berisi doktrin-doktrin ajara

c. Pembelaan atas Islam

Karya Risalah al­Tauhid yang ditulis oleh Abduh dimaksudkan untuk mempertahankan jati diri Islam. Hasratnya untuk menghilangkan unsur-unsur asing dalam paham keislaman merupakan bukti bahwa ia tetap yakin dengan kemandirian Islam. Muhammad Abduh tidak pernah menaruh perhatian terhadap paham-paham filsafat anti-agama yang saat itu marak di Eropa.

      8.  Muhammad Iqbal
9. Tiga buah gagasan Iqbal sebagai kontribusinya dalam gerakan pembaharuan Islam modern antara lain:
1. Pan Islamisme. 
Obsesi Iqbal mengenai terbentuknya negara tersendiri bagi komunitas muslim tidaklah bertentangan dengan faham Pan-Islamisme. Iqbal menyatakan bahwa Islam bukan nasionalisme dan bukan pula imperialisme, melainkan sebuah lembaga bangsa-bangsa yang mengakui adanya batasan-batasan perbedaan rasial, namun itu hanya untuk mempermudah perkenalan belaka (li ta’arofuu), dan bukan untuk membatasi cakrawala sosial para anggotanya. 
2. A Free Personal Causality. 
Respon Iqbal terhadap kemandegan dan kejumudan intelektual umat Islam termasuk juga komunitas muslim di India ia sampaikan melalui pemikiran-pemikirannya antara lain tentang ego atau kehendak manusia : kebebasan dan keabadiannya. Iqbal mengemukakan bahwa adanya kebebasan manusia, sebagai dasar adanya pertanggung jawaban. Ia memandang kehendak sebagai “a free personal causality” atau hukum sebab akibat dari kehendak pribadi. 
Bukan hanya adanya perubahan, bahkan juga dinamika alam semesta. Dari sinilah Iqbal amat cerdik menemukan ajaran dinamisme. Ia menangkap adanya prinsip dinamika hampir pada semua segi, termasuk jatuh bangunnya suatu umat juga tidak terlepas dari prinsip dinamika ini. Iqbal melihat adanya kombinasi kaum konservatif terhadap faham rasionalis (yang hanya mengandalkan logika) dengan cara menggunakan otoritas syariat untuk membuat umat tunduk dan diam, sebagai salah satu sebab terjadinya kebekuan hukum Islam yang pada gilirannya menjadikan ijtihad sebagai sesuatu yang terlarang. 
3. Faham Dinamisme. 
Faham inilah yang membuat Iqbal mempunyai kedudukan penting dalam pembaharuan di India. Terapi Iqbal dengan faham dinamikanya ini amat tepat dilihat dari sudut keminoritasan komunitas muslim ditengah-tengah komunitas Hindu yang mayoritas, karena dengan menyuntikkan semangat dinamisasi ke dalam komunitas muslim menyebabkan mereka dapat tampil dengan eksistensinya (keberadaannya) secara penuh.
10. Punjab India tempat lahirnya Muhammad Iqbal
11. Teori masuknya Islam ke Indoesia ada 4 yakni, Teori Gujarat, teori Arab, teori Persia dan teori China.
12. Teori Arab maksudnya Bahwa agama Islam yang ada di Indonesia dibawa oleh para pedagang yang berasal dari Arab. Lalulintas perdagangan Islam dari arab ini sekitar abad 7 M.
13. 5 Strategi masuknya Islam di Indonesia
  1. Jalur Perdagangan
  2. Jalur Pernikahan
  3. Jalur Pendididkan
  4. Jalur Tasawuf
  5. Jalur Kesenian danKebudayaan
14. Sunan Kalijogo salah satu ulama yang menggunakan kesenian Wayang kulit untuk menyebarkan agama Islam.
15. Snouck Hurgronje, Ia menyatakan bahwa agama Islam baru masuk ke Nusantara pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang dari Cambay, Gujarat, India

Baca Juga : Contoh Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Akhir semester (PAS) Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas XII

Demikian Latihan soal dan Kunci Jawaban Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Semoga dapat dijadikan referensi dalam membuat soal ataupun untuk belajar. Terimakasih, Wassalam ….. Andikabm.com

Leave a Comment